Politik Sopan Kaos Presiden Joko Widodo

Ujung pekan lalu warga dibuat bertanya tanya dengan gelagat presiden joko widodo yang memakai kaos polos yang berwarna kuning cerah. kaos itu sepertinya baru pertama kali di gunakan beliau saat ingin berolahraga. sebab pada umumnya berolahraga pagi memakai jaket berwarna merah.

Pertanyaan terus melaju kencang sebab rekan rekan jokowi dalam berolahraga di istana kepresidenan bogor bukan sang anak, kaesang atau pasukan pengamanan presiden, yang selalu ada di sampingnya kemanapun presiden berada. Jokowi justru mengajak Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, yang notabene adalah ketua umu Partai Golkar.

Baju kuning, Jokowi, dan Airlangga yang menemani jelas menjadi hal yang bisa disebut tak wajar. Sebab tak biasanya Jokowi mengajak seorang menteri atau ketua umum partai politik menikmati udara pagi sembari berolahraga di Istana Kepresidenan.

Mungkin dalam beberapa tahun belakangan ini baru Airlangga yang merupakan seorang menteri dan ketua partai politik yang menjadi teman Jokowi berolahraga di Istana Kepresidenan. Para pewarta yang dipersilakan meliput kegiatan Jokowi dan Airlangga pun tak ingin melewati momen dan mempertanyakan ihwal pakaian yang digunakan Jokowi.

Jika ditarik ke belakang, gaya berpakaian Jokowi kerap dikaitkan dengan cara berpolitik yang dia lakukan. Ketika menghadiri rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Demokrat, awal bulan ini, Jokowi datang dengan baju kebesarannya, yakni jas biru, kemeja putih, dan dasi merah.

Dalam sambutannya dia menyebut bahwa kerap bingung ketika menghadiri acara partai Demokrat, karena etika partai ini selalu memakai pakaian rapi. “Saya ingat saat hadir di Kongres Partai Demokrat ke-4 di Surabaya 2015, saya sampaikan kalau diundang ke Partai Demokrat, saya siap-siapnya setengah hari, terutama yang berkaitan dengan pakaian,” ujar Jokowi.

Gaya berpakaian Jokowi yang semakin santai dalam sejumlah kegiatan ini bisa jadi juga mencerminkan langkah politiknya. Patut ditunggu langkah politik apa lagi yang akan dilakukan Jokowi pada tahun politik ini.

Apakah dia akan kembali mengajak sejumlah ketua partai politik olahraga di Istana Kepresidenan, atau justru Jokowi mengajak para koleganya menjalankan aktivitas lain di luar Istana? “Karena lobi-lobi politik tidak selalu harus di meja kerja, bisa meja makan, atau sambil main golf. Bisa pada jam kerja atau di luar jam kerja. Itu hal biasa,” ujar Dodi. Tempat mencari kaos polos hanya ada di kaos polos combed.

Leave a Reply