5 Cara Mencegah Cacar Air pada Anak

Cacar air adalah salah satu penyakit yang cukup sering menyerang anak-anak, setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka. Ya, penyakit cacar air pada anak memang tidak benar-benar membahayakan kesehatan secara fatal, hanya saja penyakit ini cukup mengganggu karena membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu, supaya anak-anak bisa terbebas dari cacar air, sebaiknya Anda sebagai orang tua mengawasi mereka dan melakukan tindak pencegahan seperti yang akan kami bagikan caranya pada ulasan dibawah ini, berikut ulasannya:

Cara Mencegah Cacar Air pada Anak

cara mencegah cacar air pada anak

  • Menjaga Kebersihan Tubuh

Cacar air adalah kondisi penyakit yang disebabkan oleh penyebaran virus. Jadi, salah satu cara paling ampuh untuk terhindar dari virus cacar air tersebut adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Terutama bagi anak-anak yang mana masih sangat aktif beraktifitas dan tentunya sangat rentan terserang kuman maupun virus penyebab cacar air.

Oleh karena itu, percayakanlah kebersihan tubuh anak kepada sabun Lifebuoy yang bisa membasmi kuman dan virus penyebab berbagai penyakit. Ya, tidak hanya virus untuk penyakit cacar, sabun Lifebuoy juga efektif membersihkan tubuh dari bakteri dan virus berbagai penyakit.

  • Vaksinisasi

Di Indonesia sendiri kegiatan vaksinisasi memang masih kurang populer. Ya, masih banyak para orang tua yang menganggap bahwa vaksinisasi hanya diberlakukan untuk mereka yang sakit. Padahal nyatanya vaksinisasi khususnya untuk anak-anak sangatlah penting karena berfungsi membunuh virus penyebab berbagai penyakit, salah satunya ialah penyakit cacar air.

Bahkan menurut penelitian yang ada, vaksinisasi memiliki efektifitas hingga lebih dari 90% untuk menangkal virus cacar air. Jadi, kalaupun nantinya anak-anak tetap terserang cacar air setelah divaksin, setidaknya penyakit tersebut tidak akan terlalu parah dan lebih mudah disembuhkan.

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Bukan hanya orang tua yang wajib mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Ya, anak-anak pun perlu mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak agar daya tahan tubuhnya tetap terjaga dan tidak mudah terserang virus cacar air. Oleh karena itu pastikan anak-anak di rumah selalu mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari.

Selain bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengkonsumsi air putih dalam jumlah cukup ini juga bisa membuat anak menjadi lebih sehat untuk jangka panjangnya.

  • Olahraga Rutin

Walaupun masih anak-anak, bukan berarti tidak perlu berolahraga. Justru olahraga secara rutin sangat dibutuhkan oleh anak-anak untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya agar terbebas dari virus penyakit. Selain itu, olahraga yang cukup juga efektif untuk merangsang proses tumbuh dan kembang anak, seperti misalnya meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang ataupun meningkatkan kualitas motorik anak.

  • Waktu Istirahat yang Cukup

Waktu istirahat anak-anak memang berbeda dengan waktu istirahat kita sebagai orang tua. Ya, anak-anak membutuhkan waktu tidur yang tidak hanya sekedar cukup, melainkan juga tepat waktu. Dalam hal ini mari kita asumsikan jika anak-anak sudah wajib tidur jam 9 malam untuk kemudian bisa bangun jam 5 pagi, maka apabila jam tidur tersebut tidak terpenuhi, kondisi kesehatan pun bisa menurun.

Terlebih saat ini anak-anak harus berada di sekolah dalam waktu seharian penuh, tentu jam tidur siang pun harus dihapuskan. Jadi, Anda harus bisa mengontrol waktu tidur anak agar selalu efektif dan daya tahan tubuh mereka pun bisa tetap terjaga.

Nah, demikianlah ulasan yang bisa kami bagikan seputar cara mencegah cacar air pada anak, semoga bermanfaat dan anak-anak di rumah bisa selalu sehat.

Leave a Reply