Mengenal Jenis Dan Macam Alat Kesehatan Di Rumah Sakit

Jenis dan macam alat kesehatan yang ada di Rumah Sakit amatlah banyak dan beragam. Namun setidaknya ada beberapa jenis alat kesehatan yang bisa kita kelompokkan menjadi tiga macam yaitu alat kesehatan elektromedik, non elektromedik dan alat diagnostic in vitro. Dan pada kesempatan ini kita mencoba untuk membahas mengenai tiga jenis alat kesehatan tersebut dan contohnya.

alat kesehatan rumah sakit

1. Alat Kesehatan Elektromedik

Jenis pertama yaitu alat Elektromedik. Apa itu alat Elektromedik ? Yaitu alat kesehatan yang berhubungan dengan elektro atatu listrik. Maksudnya adalah adalah, alat – alat yang bekerja dengan menggunakan energi listrik atau membutuhkan tenaga listrik. Alat ini sangatlah banyak baik yang berukuran kecil hingga sebuah unit alat kesehatan yang berukuran besar. Contoh alat ini seperti : EKG (Elektrokardiograf), USG (Ultrasonografi), Defibrillator dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Alat Non Elektromedik

Alat Non Elektromedik merupakan kebalikan dari alat kesehatan yang pertama. Alat Non Elektromedik merupakan alat – alat kesehatan yang tidak membutuhkan tenaga listrik dalam pengoperasiannya. Alat ini juga sangatlah banyak. Alat – alat jenis ini didominasi oleh alat – alat habis pakai. Atau alat – alat manual yang tidak menggunakan elektronik. Contoh alat ini sangat banyak diantaranya : Infus Set, Tiang Infus, Tongue Spatel, Tabung Oksigen, dan laain sebagainya.

3. Alat Diagnostic In Vitro

Satu lagi jenis alat kesehatan yang umumnya ada di Rumah Sakit yaitu jenis Diagnostic In Vitro. Apa itu ? Alat diagnostic in Vitro adalah satu macam alat kesehatan yang memiliki fungsi sebagai alat diagnosa penyakit. Atau alat yang digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap satu sampel untuk menentukan gejala penyakit yang diderita oleh pasien. Contohnya tidak terlalu banyak seperti jenis pertama dan jenis ke dua. Contohnya : Chemistry Analyzer ( alat uji kandungan kimia darah), Hematology Analyzer ( Alat uji sel – sel darah), Urine Analyzer ( alat uji kadungan zat di dalam urin) dan alat – alat kesehatan lain sejenisnya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi alat – alat kesehatan yang bisa kita kelompokkan menjadi satu kategori baru seperti alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat ukur, alat kesehatan habis pakai, alat kesehatan furniture dan lain sebagainya.

Leave a Reply