Timnas U-19 Gagal Melangkah ke Final Setelah dikalahkan Oleh Thailand 2-3

Timnas U-19 Indonesia gagal melangkah ke babak final Piala AFF U-18 2017 setelah dikalahkan Thailand melalui babak adu penalti. Selanjutnya, skuad Garuda Nusantara akan kembali berlaga untuk memperebutkan posisi juara ketiga yang akan diselenggarakan hari Minggu (17/9/2017) di Thuwunna Stadium, Yangon.

Timnas U-19 Indonesia tampak tanpa ada gentar mulai sejak sesi pertama walau hadapi tim sebagai berlangganan juara di Piala AFF U-19, Thailand. Bahkan juga menurut catatan statistik sesi pertama, skuad bimbingan Indra Sjafri dapat lakukan 5 tembakan bola, 3 salah satunya tertarget ke arah gawang Thailand.

Tidak bisa disangkal, tindakan gemilang penjaga gawang Thailand, Kantaphat Manpati, di sesi semi final ini jadi penyelamat untuk skuad bimbingan Marc Palacios. Berulang-kali serangan tajam Egy Maulana Vikri serta Witan Sulaiman berhasil diselamatkan dengan prima oleh sang penjaga gawang.

Di injury time sesi ke-2, pelatih Indra Sjafri memutuskan untuk ganti Feby Eka Putra dengan Saddil Ramdani. Sayangnya, baru sebagian detik ada di lapangan, Saddil segera diganjar kartu merah sesudah menyikut bek Thailand, Wudtichai, yang lututnya pernah mengenai punggung Saddil waktu persaingan perebutan bola.

Keadaan Timnas U-19 Indonesia yang kehilangan satu pemain karena kartu merah diakhir sesi pertama tidak menghambat kemauan Rachmat Irianto dkk untuk memenangi kompetisi ini. Demikian sebaliknya, di sesi ke-2 Egy Maulana dkk makin ‘menggila’ dengan serangan-serangan tajam.

Paling tidak ada 8 tembakan akurat yang digelontorkan skuad Garuda Nusantara ke gawang Thailand. Lagi-lagi penjaga gawang Kantaphat bisa dinilai jadi man of the match dalam kompetisi ini dengan tindakan penyelamatan gemilangnya. Demikian sebaliknya, Thailand cuma berhasil membuat 4 tembakan tertarget untuk menguji penjaga gawang Aqil Savik.

Sayangnya, tak ada gol terwujud selama 2×45 menit ditambah injury time di semasing sesi. Kompetisi segera berlanjut ke adu penalti.

Janga Lup : Streaming MNCTV

Dimuka sesi penalti, Egy Maulana sebagai penendang pertama berhasil mengalahkan penjaga gawang Kantaphat. Sedang Indonesia memperoleh kelebihan waktu kapten timnas Thailand tidak berhasil menyematkan bola ke gawang sesudah tembakan bola melebar.

Tetapi selanjutnya, Iqbal, Nurhidayat, serta Rifad Marasabessy tidak berhasil mengalahkan Kantaphat. Walau Luthfi berhasil menaikkan angka untuk Indonesia, tetapi tak akan terkejar sesudah Nattawut, Teerapat, serta Chokanan berturut-turut berhasil mengoyak gawang Indonesia.

Score akhir Indonesia vs Thailand jadi 2-3 lewat sesi adu penalti. Setelah itu, lawan Indonesia di persaingan perebutan juara ke-3 juga akan ditetapkan lewat kompetisi pada Myanmar vs Malaysia yang di gelar malam hari ini.

Leave a Reply