Bagaimana Hukum Qurban di Mata Allah SWT? Simak Penjelasannya Berikut!

Qurban merupakan kegiatan menyembelih hewan qurban yang dilakukan sesudah melaksanakan sholat Idul Qurban. Berqurban merupakan wujud dari rasa syukur yang ditunjukkan umat muslim pada Allah SWT atas nikmat dan karunia yang sudah diberikan. Mungkin banyak yang bingung, seperti apa sebenarnya hukum qurban ini? hukum qurban di dalam Islam adalah wajib untuk mereka yang mempunyai kelapangan harta serta cukup rejeki untuk melakukannya dan bagi umat Muslim yang tidak mampu, mereka tidak mendapatkan kewajiban tersebut. Qurban termasuk dalam ibadah sunnah yang tidak boleh di tinggal begitu saja karena Allah SWT begitu mencintai hambanya yang ingin menghabiskan hartanya dalam hal ibadah.

 

Hukum berqurban ketika Idul Qurban memang begitu diperdebatkan apakah telah berada dalam bentuk wajib atau sunnah. Tetapi seharusnya sebagai umat muslim, apalagi jika mempunyai kelebihan materi, menyisihkan sebagian harta untuk ibadah ini, karena ada begitu banyak manfaat dari berqurban yang dapat dirasakan oleh umat, entah di dunia atau pun di akhirat nanti. Qurban bisa menutup segala amalan buruk yang pernah diperbuat, apalagi untuk umat muslim yang gemar melakukannya.

 

Sebenarnya bukan sampai di sana, qurban bisa mempererat tali silaturahmi sesama muslim. Dengan melakukan qurban mulai dari membeli, menyembelihnya hingga membagikannya kita sudah meningkatkan rasa solidaritas sesama muslim. Ketika berqurban, kita bisa menabung pahala yang akan digunakan di akhirat, karena malaikat akan selalu mencatat amal baik yang sudah kita lakukan. Anda tidak akan rugi bila selalu berqurban setiap tahun apapun hukumnya dalam Islam.

 

Islam selalu mengajarkan umatnya menjalankan perintah dan amanah Allah SWT. Hukum berqurban saat Idul Qurban dalam Islam seharusnya memang diwajibkan bagi mereka yang mampu dalam segi materi, karena rejeki berasal dari Allah serta akan kembali ke Allah. Bila Anda sebagai umat muslim telah berhasil mengamalkannya dengan baik, harta yang Anda gunakan untuk ibadah qurban akan menjadi tabungan di akhirat nanti. Sebelum berqurban lebih baik Anda mengetahui apa saja persyaratan yang harus dipenuhi agar qurban bisa sah di mata Allah SWT. Jika ingin berqurban, hewan yang akan Anda qurbankan harus bebas dari berbagai macam penyakit dan cacat yang bisa dilihat oleh mata, berarti hewan harus sehat dan tidak boleh terkena penyakit, karena dalam Islam dilarang membunuh hewan yang sakit.

 

Hukum menyembelih hewan saat Idul Qurban wajib dilakukan sesudah pelaksanaan sholat Idul Adha karena bila dilaksanakan sebelum atau memiliki jarak yang jauh, Idul Qurban ini tidak sah dimata Allah SWT. Berqurban sekarang ini sebenarnya sudah lebih mudah, jika Anda tidak memiliki waktu untuk membeli hewan kurban Anda bahkan bisa membelinya secara online, selain itu bila Anda memerlukan informasi lengkap mengenai hukum qurban, Anda bisa membuka https://www.globalqurban.com/id/news/article/hukum-qurban-di-mata-allah-swt.

Leave a Reply