Pengertian Iso dalam Fotografi

Dunia photografi makin akrab dikalangan orang-orang, tidak cuma yang berprofesi jadi photografer namun juga kelompok beberapa orang dapat suah nyaris semuanya mempunyai camera. Menurut rental kamera Jogja, sekarang ini banyak juga smartphone yang tawarkan kecanggihan kwalitas cameranya serta tawarkan hasil photo yang apik serta feature yang lengkap. Satu diantara penyusunan yang dipunyai oleh feature camera yaitu ISO. Apakah itu ISO?


ISO adalah satu diantara segitiga exposure dalam photografi yang berarti adalah satu diantara yang perlu dalam hasilkan photo yang apik. Menurut sewa kamera dslr Jogja, ISO juga dipakai untuk mengukur tingkat sensitifitas sensor pada sinar. Seperti yang kita ketahui sensor pada sinar yang dipunyai ISO ada angka ISO 100, ISO 800 dan sebagainya. Angka tersebutlah yang disebut tingkatan sensitifitas pada sensor camera.
Makin tinggi ISO yang dipakai jadi sensor akan makin peka hingga camera juga akan dapat menangkap gambar dengan lebih cerah hingga juga akan memerlukan exposure atau sorotan sinar ke camera dengan saat yang lebih lama. Dengan angka ISO yang besar memanglah juga akan hasilkan gambar yang lebih jelas, tetapi makin besar ISO yang dipakai, jadi juga akan banyak pula nouse yang muncul, hingga gambar yang dibuat terlihat kurang tajam.
Tetapi makin kecil ISO yang dipakai jadi makin jernih juga gambar yang dibuat. Besaran ISO sendiri memengaruhi warna dari photo yang dibuat makin kecil ISO yang dipakai makin jernih gambar yang dibuat, demikian sebaliknya makin besar ISO yang dipakai makin sirna gambar yang dibuat.
Tetapi tidak cuma ISO yang dapat di perbesar atau perkecil, bila menginginkan memperoleh hasil gambar yang bagus jadi mesti lakukan perubahan setting pada sutter speed atau aperture untuk memperoleh hasil gambar yang dikehendaki. Tetapi umumnya pada sebagian camera mutakhir gambar yang dibuat juga akan tetaplah baik walau kita lakukan setting pada ISO yang cukup tinggi. Tetapi kebanyak photografer profesional merekomendasikan untuk memakai ISO serendah mungkin saja untuk memperoleh hasil warna yang baik serta senatural mungkin saja. Karna dengan ISO yang sangat tinggi gambar yang dibuat semakin lebih blur.

Leave a Reply